Blog

SIMPLE LUNCH

Simple lunch. Hi guys! Saya tak tahu kenapa sukanya yang simple-simple. Baik dari model pakaian, barang-barang elektronik, makanan, blog or apapun maunya simple dan elegan. Khusus buat makanan simple namun tasty and nyummi. Hihihi.

Well, siang ini mau berbagi menu makan siang yang simple, guys. Apa itu? Ini dia:

Sebenarnya ibu saya request resep western yang kemarin saya bikin, guys. Ini dia resepnya, Karniyarik bagi yang belum tahu, namun berhubung daging di kulkas sudah habis, hanya ada terong ungu 🍆 dan terong bulat plus sedikit udang dan teri. Terus satu buah jagung dan sedikit kol. Hmm, jadinya otak saya berputar menu simple apa nih yang bisa dibuat dari bahan tersebut. Akhirnya kepikirlah tumis terong aja, bikin kuah bening, goreng ikan asin dan tongkol, plus rebus telor buat ayah dan sambel terasi cabe hijau/merah.

Cara buatnya gampang banget. Untuk tumis terong, bumbunya itu hanya: cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, tomat, cabe rawit, dan cabe hijau serta garam secukupnya. Semua bahan di blender kecuali cabe rawit dan cabe hijau. Namun diblendernya ga pakai air ya guys, just pakai minyak aja sebagai pelicinnya. Nah kalau udah halus bumbunya ditumis diatas api kecil, terus masukan cabe rawit bulat-bulat dan cabe hijau yang sudah dicincang tipis. Kemudian masukin udang yang sudah dipotong-potong kecil. Sambil itu, cuci dan belah terong bulat (tidak sampai terlepas dua yah, guys), sekedar belah sedikit aja agar bumbunya meresap ke dalam. Setelah itu masukan terong bulstnya dalam bumbu tadi, begitu pun terong ungu dan terinya. Boleh tarok air sedikit agar terong bulatnya cepat matang dan bumbunya tidak mengering.

Nah ini dia tumisan terongnya sudah matang. Selanjutnya biar apinya tidak perlu dimatikan langsung rebus telur buat ayah. Sambil nunggu telur matang saya ke depan rumah ambil daun jeruk untuk sayur beningnya. Ah untuk sayur bening semua sudah pada tahulah resepnya apa kan, cuma bedanya saya ga pakai penyedap, guys. Just bumbu alami saja. Ini sayur beningnya.

Nah untuk terasi mah teman-teman juga pasti sudah tahu cara buatnya. Bahan terasi hanya cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, tomat. Semua bahan direbus lalu diulek dengan terasi. Agar bisa tahan lebih lama terasinya, ini jika buatnya banyak yah, setelah diulek ditumis sebentar. Telur yang udah matang diangkat, lalu ganti dengan wajan buat goreng ikan asin dan ikan tongkol.

Alhamdulillah menu simpleya done. Bagi yang suka makan berkuah, bisa tarok sayur bening, sambel terasi plus ikan asin serta tumisan terong dalam nasinya. Bagi yang kurang suka dengan kuah, bisa tarok tumisan terong, sambel terasi, ikan tongkol dan telur rebus. Tinggal pilih sesuai selera masing-masing aja.

Memasak itu harus dari hati, biar pun menunya simple kalau masak pakai hati hasilnya insyaAllah tasty, guys. Bukan muji diri nih, namun rasanya memang yummy. 😀 Serious! Hahaha, gayanya cem koki, padahal masuk dapur kalau lagi mood doank. 😀 Biar pun demikian insya Allah masakannya jarang mengejewakan. 😛

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *