Blog

Sadar adalah Modal

Sadar adalah modal. Hal yang mungkin jarang kita dengar, karena di mindset banyak orang, modal itu berupa uang atau materi. Dan Sadar itu biasanya istilah untuk seseorang yang siuman dari pingsan. Namun tahukah kamu, kawan? Dalam hidup ini terkadang kita berjalan dalam ketidaksadaran. Kok bisa? Bukankah mata terbuka? Tubuh sedang tidak koma, dan pikiran masih merajalela?

 

Saat kita hidup, namun tidak benar-benar hadir dalam hidup, saat itulah kita tidak sadar. Saat kita beraktivitas, namun tidak benar-benar menikmati apa yang kita lakukan dan jalani dan kenapa kita melakukannya, saat itu pun kita tidak sadar. Bahkan saat kita membangun hubungan dengan seseorang apapun status hubungan tersebut, lalu menjalaninya tanpa arah yang jelas, maka itupun tanda ketidaksadaran.

 

Ibarat berkendaraan. Disaat kita hendak melakukan sebuah perjalanan, kita tentu harus menentukan titik tuju, kemana tujuan perjalanan kita. Lalu kita juga harus tahu posisi kita saat ini ada dimana? Sehingga kita tahu seberapa jauh jarak terbentang dengan tujuan yang ingin kita tuju. Setelahnya, kita pun jadi tahu memilih kendaraan yang mana, yang cocok dan tepat untuk kita gunakan dalam perjalanan tersebut. Apa itu saja cukup? Ternyata tidak, kita pun kudu sadar dengan kemampuan diri. Apakah kita bisa menyetir sendiri? Atau perlu meng-hire seorang driver, atau menyewa sebuah kendaraan untuk perjalanan tersebut. Berapa budget yang kita punya? Cukup apa tidak untuk melakukan perjalanan tersebut.

 

Jika dalam berkendaraan saja kita perlu kesadaran, sejatinya dalam hidup yang kita tidak tahu batas waktunya kapan, tentu kita perlu banget yang namanya sadar. Bahkan sadar ini menjadi modal utama kita. Bekal utama perjalanan hidup kita dalam berbagai dimensi kehidupan. Apakah itu berhubungan dengan romansa dalam berkeluarga, apakah itu dalam dunia kerja, dan bahkan dalam hal interaksi kita dengan sang pencipta.

Nah, apakah rutinitas mu selama ini sudah penuh dengan kesadaran? Think about that!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.