Blog

JUICE WORMENTE

Juice Wormente. Hmm, juice apa sich ini? Namanya keren. Rasanya tasty ga ya? ­čÖé┬áHi Angkasa! Apa kabar mu? Lama ya saya ga berbagi resep disini, namun hari ini Insya Allah will share it.

Well, wormente itu kepanjangan dari apa sich? Dari┬áWortel, Mentimun, dan Terong Belanda,┬áhehehe. Kedengarannya seperti bahasa Italia ya. ­čśÇ So ini juice campuran ketiganya, guys. Kemarin pagi ketika membuka kulkas saya lihat ada wortel sisa bikin sup, ada juga mentimun sisa bikin acar, dan ada terong belanda kiriman dari paman yang sudah pada matang. So cobalah saya bikin juice cita rasa baru ini. Hihihi. Rasanya sich okay for me, apalagi diminum saat dingin. Oh freshnya, namun bagi kamu yang doyan manis bisa dech ditambahin madu untuk rasa manisnya.

 

WORTEL

Saya yakin kita semua sudah tahu manfaat dari buah ini. Sekedar review sejenak saja ya. Wortel sangat bagus untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. Penyakit apa saja yang bisa dicegah dengan wortel?

Penyakit Jantung. Mereka yang mengkonsumsi sayuran berwarna orange seperti wortel bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung korener sebesar 32%. Ini dikarenakan didalam wortel terdapat zat antioksidan yang bukan hanya penting untuk menangkal radikal bebas, namun juga berdampak positif pada jantung dan menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Penyakit kanker. Percaya atau tidak mengkonsumsi wortel rutin setiap harinya bisa mencegah dari berbagai penyakit kanker, diantaranya; kanker prostat, kanker usus, kanker perut, kanker paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Ini dikarenakan ada kandungan karatenoid dan beta karoten yang tinggi dalam wortel, bahkan dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa perokok yang mengkonsumsi wortel lebih dari satu buah dalam sepekan bisa menurunkan resiko kanker paru-paru.

Stroke. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University, orang yang mengkonsumsi lebih dari enam wortel sepekan cenderung tidak menderita stroke dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi satu wortel dalam sebulan or kurang.

Merawat Mata dan kesehatan otak. Vitamin A, beta karoten dan lutein pada wortel dapat mencegah mata dan gangguan penghlihatan seperti glaukoma, katarak, dan kelainan refraksi. Wortel termasuk jenis sayuran dengan asupan tinggi umbi akar yang dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berfikir) seseorang.

Anti Radang. Extrak wortel bisa mencegah tubuh dari peradangan, bahkan effectnya hampir setara dengan konsumi obat-obat seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib. Wah luar biasa ya guys, saya tempo hari saat sakit gigi dikasih ibuprofen sama dokter, namun tidak saya minum, saya justru minum andrographis (herba dari HNI). Kalau wortel bisa sebagai anti radang, tentu lebih tasty, hihihi.

Masih banyak manfaat lainnya dari wortel, namun itu hanya beberapa saja. Berikutnya mari kita lihat beberapa manfaat dari mentimun.

 

MENTIMUN

Mata Lelah dan Bengkak. Mentimun bisa mengatasi mata lelah dan bengkak. Ini merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan masyarakat, dengan mengiris tipis mentimun lalu menempelkannya di mata.

Melangsingkan Tubuh. Bagi kamu yang hendak menurunkan berat badan, maka mengkonsumsi mentimun setiap harinya akan sangat membantu, apalagi jika dikombinasikan dengan sari kurma, maka berat badan ideal akan kamu dapatkan.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker. Mentimun mengandung beragam jenis antioksidan, diantaranya; Flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempferol, termasuk vitamin C dan beta karoten. Antioksidan ini sangat membantu dalam melawan pertumbuhan sel kanker, dan juga bisa menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Melindungi Otak. Adanya zat flavanol (fesetin) di dalam mentimun bermanfaat dalam meningkatkan memori otak, dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Senyawa fisetin ini juga memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

Luar biasa banyak manfaat dari mentimun, namun beberapa diatas cukup sebagai gambaran betapa fungsinya sangat penting bagi tubuh kita. Berikut kita lihat manfaat dari Terong Belanda.

 

TERONG BELANDA

Membantu Mengendalikan Diabetes. Bagi penderita diabetes tipe 2, asam klorogenik dalam terong belanda mampu mengurangi kadar gula darah yang berlebihan. Sedangkan zat antiokasidan pada terong belanda bisa mengurangi stress oksidatif pada organ hati dan pankreas.

Anti Aging. Radikal bebas disekitar kita membuat kulit kita lebih cepat keriput dari pada seharusnya. Dan salah satu cara mencegah penuan dini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya antiokasidan, salah satunya terong belanda. Selain itu kandungan vitamin C dan E dalam terong belanda juga berkhasiat menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan awet muda.

Meregenerasi Sel DNA yang rusak. Berkat tingginya kadar antioksidan, selain bisa membuat bisul cepat sembuh, terong belanda juga mampu meregerasi sel DNA yang rusak sehingga tak sampai memberi kesempatan pada sel kanker untuk berkembang.

Menjaga Mata tetap sehat. Kandungan vitamin A dan karaoten yang terdapat dalam terong belanda, walaupun tak sebanyak pada wortel, namun mengkonsumsinya juga dapat alternatif berbagai gangguan mata seperti rabun, silindris, berkurangnay penglihatan karena usia, dan katarak pun enggan mendekat.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari ketiga komoditi yang menjadi kombinasi dari juice kita kali ini, guys. Met mencoba ya karena selain rasanya yang tasty manfaatnya juga dasyat bagi tubuh. Dan kabar baiknya lagi, ambas juicenya juga bisa kamu gunakan sebagai peeling pada wajah dan luluran pada badan, cukup campurkan sedikit zaitun untuk peeling-nya, serta tambahakn sedikit garam untuk luluran-nya. ­čÖé

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *