Blog

ES TAPE KETAN EGM

Es tape ketan EGM. Minuman dadakan ini tercipta kemarin sore, guys. Saya keluar dari kamar ada bungkusan diatas meja, ketika saya buka ternyata ada keripik singkong dan tape didalamnya. Rupanya itu oleh-oleh dari ayah saya yang baru pulang entah dari mana bersama kawannya, pak Abu Bakar.

Es tape ketan EGM ini anggap saja tercipta buah dari persahabatan ayah saya dengan pak Abu yah. Pak Abu itu dulunya kepala sekolah di MTsN II Banda Aceh, namun saya diterima sebagai siswi disana murni hasil test ya guys, tidak ada ceritanya siswi titipan, hihihi. Dan ketika saya lanjut sekolah ke MAN Model Banda Aceh beliau pula yang menjadi kepala sekolahnya disana. Pak Abu dipindahkan ke MAN Model Banda Aceh saat saya masih kelas II MTsN II Banda Aceh.

Tiap lebaran beliau tidak pernah absen datang ke rumah kami, walau jarak rumahnya lumayan jauh. Beliau tinggal di daerah Lhoknga (salah satu kawasan pantai di Aceh) sedangkan kami di daerah Sibreh (kawasan yang diapit diantara gunung dan pantai, mudah ke gunung, mudah juga ke pantai plus hamparan persawahan yang luas bak permadani hijau kalau padi tumbuh), namun tiap lebaran ke-2 beliau selalu hadir bertamu ke rumah bersama istrinya, terkadang membawa anak dan menantunya, dan anaknya yang terakhir insya Allah akan menikah dalam waktu dekat ini dengan orang Kalimantan. Doain ya guys semuanya berjalan dengan lancar. Aamiin…

Setiap acara apapun ayah selalu diundang, hubungan keduanya sudah seperti saudara, bahkan kalau boleh saya bilang lebih dekat dari saudara.

Begitulah kehidupan, terkadang yang punya hubungan darah karena kurang silaturahim hubungannya menjadi renggang, namun yang tak punya hubungan darah, karena rajin silaturahim malah menjadi saudara.

Dulu sebelum pensiun, keduanya sering bertemu jika ada meeting di Departemen Agama, namun sekarang setelah keduanya pensiun sering bertemunya di pasar Sibreh tiap hari Rabu (hari pekan). Pernah saya tanya ke ayah saya, “pak Abu belanja ke pasar Sibreh untuk kebutuhan rumah ga kejauhan yah dari Lhongga sana, kan lebih dekat belanja ke Penayong?” “Ya, sekalian jalan-jalan kata ayah saya, ketemuan, terus ngopi bareng or makan bareng.”

Hmm, saya paham, bagi orang tua, menghabiskan waktu bersama orang-orang dekat itu penting ternyata. Selain menjadi hiburan, hal itu juga menjadi penguat. Terkadang jika pikiran iseng keduanya muncul, ya begini jalan-jalan dengan mobil entah kemana berdua menulusuri jalan Banda Aceh-Medan sambil bercerita, bisa jadi nolstagia masa muda. Hahaha.

Kemarin pagi pak Abu telpon ayah saya tanya ayah ada agenda apa, jika tidak ada agenda mau ngajak jalan katanya. Dan ayah selalu stand by dijemput. Dua sahabat ini kalau sudah jalan entah kemana-mana. Kadang tiba-tiba ayah nelpon mau dibawain apa, ayah lagi di Bireun katanya. Idih kapan berangkatnya, tanya ke ibu, beliau juga ga tahu kapan ayah pergi. Begitulah, kadang ini juga yang bikin ibu saya kesal sama ayah, apa susahnya sich telpon bilang mau kesini dan kesitu. Ini keseharian ga jelas dimana ditelpon sibuk melulu, bikin orang khawatir saja.

Kadang saya geli sendiri kalau lihat ortu saya berantem begini, bukan berantem tepatnya. Wujud dari rasa sayang. Hahaha. Namun ayah saya ya ayah saya, berulang kali diingatin, kadang selalu lupa ngabarin. Ya gitu deh kalau udah ketemu sama sohibnya yang satu itu dimana aja langsung jalan. Begitu pula kemarin, hanya sampai Sare aja kata ayah karena perginya udah telat. Hmm, Mungkin hobby saya jalan-jalan turunnya dari ayah saya kali yee, Selain warna kulit. ๐Ÿ˜€

Well, udah ga sabar yah resep Es Tape Ketan EGMnya ๐Ÿ™‚ bahannya simple banget kok, ini dia

BAHAN: Tape, Ketan, EGM, plus buah-buahan.

CARA MEMBUAT: Ketan yang sudah dimasak diambil secukupnya lalu tarok dalam gelas or mangkok, begitu pun halnya dengan tape. Kemudian tuangkan 1 saschet EGM (sesuai selera yah). Saya kurang suka terlalu manis. Jadi 1 saschet EGM udah cukup. Next, tuangkan air dingin/hangat. Ini juga bergantung kebutuhannya. Lagi pingin dingin ya pakai air dingin, plus es batu jika mau lebih dingin. Jika kepingin yang hangat-hangat ya pakai air hangat.

Untuk EGM selain bisa langsung dituang ke dalam gelas atau mangkok bersama tape dan ketan plus buah, juga bisa dibuat terpisah lebih dulu guys, baru kemudian campurkan dengan tape dan ketannya. Ini jika mau kuahnya lebih banyak yah guys, buatnya begini. Saya kagak ada tambahan yang lainnya selain buah nangka yang dipotong kecil-kecil. Habis kepikiran buat es Tape Ketan EGMnya dadakan sich. ๐Ÿ˜€

Hmm, rasanya maknyus and tasty, guys. Ada rasa asam tapenya, rasa segar nangkanya, dan rasa gurih ketan plus EGMnya. Ga bikin nek deh. Sedap banget, coba aja. Ini idenya teringat es tape waktu di Pare dulu. Namun disana campurannya selain tape dan ketan yang tidak begitu masak, kacang hijaunya plus santan. Nah saya bikinnya ga pakai santan, namanya juga dadakan. Jadi penganti santan cukup EGM saja, sedap plus full nutrisi buat stamina buat tubuh yang udah seharian berpuasa. Met mencoba yah. ๐Ÿ™‚ Baca juga resep lainnyaย dates aloevera ice

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *