Blog

BERBAGI ITU INDAH

Berbagi itu indah. Berbagilah, bukan karena kamu kaya, namun karena kamu ingin berdaya. Sebab disaat engkau berbagi, engkau gerakkan diri untuk perduli, dan engkau tumbuhkan semangat untuk memberi. Berbagilah. Bukan karena engkau ingin dipuji, melainkan karena engkau ingin berkontribusi. Sebab harta sejati bukanlah apa yang kita miliki saat ini, melainkan apa yang telah kita beri.

 

Berbagilah, karena ia melahirkan rasa happy. Membuat diri makin dicintai, bukan hanya oleh makhlukNya di bumi, namun juga oleh ia Sang Pemberi Kehidupan dan makhluk langit yang senantiasa berdoa tiada henti. Berbagilah, bukan untuk mencari muka ataupun sensasi. Sebab bagi mereka yang tulus berbagi karenaNya. Balasan dariNya jauh lebih indah dari dunia dan seisinya.

 

Berbagi itu bukan agar kita diberi, namun memang, “what you give will back to you,” is reality. Begitulah hukum alam ini. Apa yang engkau tanam saat ini. Itulah yang akan engkau tuai suatu hari. Apa yang engkau tanam hari ini. Itu juga yang akan engkau petik dikemudian hari.

 

Kebaikan hati akan selalu bernilai tinggi. Mungkin tak selalu bisa engkau rasakan langsung buahnya saat itu juga. Namun paling tidak, jika engkau mau melihat dengan mata kepala, sesekali kunjungilah mereka, lalu lihatlah senyum bahagia dari wajah-wajah polos itu. Senyuman manis itu adalah ucapan terima kasih atas uluran tanganmu yang belum seberapa.

Tahukah kamu? Hidup bagaikan roda. Bisa jadi, hari ini kamu memberi, namun suatu hari, disaat engkau dalam masa-masa sulit, justru tangan-tangan itu kembali Allah hadirkan lewat sosok-sosok yang berbeda, untuk membantu mu bangkit dari keterpurukan, atau membuat mu kembali bisa menatap masa depan. Semua mungkin bagi yang Maha Mungkin. Jadi berbagilah. Selagi waktu itu masih ada. Selagi engkau masih bisa. Selagi engkau masih IA beri kesempatan menatap dunia.

 

Jangan pernah takut untuk berbagi. Bagaimana pun kondisi mu saat ini. Apakah dalam keadaan keberlimpahan atau pun tidak. Apakah sedang bahagia atau pun tidak. Apakah sedang nelangsa atau pun tidak. Berbagi saja. Memberilah. Lalu rasakan energi ajaibnya. Bagaimana keadaan mu begitu cepat berubah. Entah itu berupa rezeki yang datang menghampiri dari arah yang tak terduga. Entah itu rasa di hati mu yang membuat wajah mu kembali merona. Hati seperti ingin selalu tersenyum bahagia. Entah itu keadaan dirimu yang tiba-tiba bersemangat melakukan banyak hal, padahal sebelumnya sedang tak berdaya.

 

 

Sungguh! Berbagi adalah obat. Khasiatnya sungguh dasyat, efectnya luar biasa mujarab, terutama bagi kamu yang percaya akan keajaiban dan kemahabesaranNya. Jangan takut untuk berbagi, karena IA akan menggantinya puluhan kali lipat. Jangan pelit memberi, sebab apa yang kamu beri akan kembali pada mu suatu saat. Dengan wujud yang lebih dasyat dan hebat. Believe it!

 

Berbagilah dengan hati, agar bahagia tercermin dalam diri, dan kebermanfaatannya menjadi multifungsi. Sehingga kelak, karakter berbagi mu itu bisa engkau warisi pada keturunan mu lintas generasi. 

 

Aku, kamu, dia, mereka, dan kita semua. Mulai hari ini. Berazzam-lah di dalam hati untuk terus berbagi. Entah itu selalu tersenyum manis di pagi hari pada diri sendiri dan keluarga. Menyuguhkan secangkir teh atau kopi untuk orang-orang tercinta misalnya. Atau memberi sebungkus nasi untuk pemulung di jalanan sana setiap hari Jum’at tiba. Bisa juga menghadiahi semangkuk cemilan sehat buat si yatim piatu yang tak berdosa. Ada banyak jalan untuk berbagi dimana pun kita berada saat ini. Luruskan niat dan tebarkan lah manfaat.

 

Berbagilah pada siapa saja yang kita bisa. Baik kita mengenalnya dengan baik, maupun belum mengenalnya sama sekali. Usah takut menularkan semangat berderma. Sebab ia akan menjadi tabungan istimewa dengan saldo rekening tak hingga suatu masa. Kamu mau berbagi? Bisa donasi disini.

Berbagilah agar duka mu berganti suka. Agar sedih mu menjadi ceria. Sebab memberi membuat kita bahagia, dan hidup kita Insya Allah sejahtera. Salam cinta untuk kita semua. Berbagi itu indah. 🙂

 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

#JanganTakutBerbagi #SayaBerbagiSayaBahagia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *