Blog

Agar Jerawat Pergi Tak Lagi Kembali

Agar jerawat pergi tak lagi kembali. Wajah berjerawat sering menjadi keluhan banyak orang. Terkadang sudah pakai product ini dan itu namun tetap saja jerawat tak jemu untuk bertamu di muka mu. Right?

Nah, gimana caranya bikin jerawat pergi dan tak kembali?

Berikut ini tips simple yang bisa kamu semua coba. Tiga pekan saja melakukannya rutin, insya Allah akan terlihat perbedaan di wajah mu, guys. Kulit jadi bersih dan bright insya Allah.

 

Pertama, *Membersihkan Wajah*

Sebagian orang berfikir dengan sering membersihkan wajah bisa bikin kulit wajah terlihat menawan. Namun yang terjadi justru jika wajah terlalu sering dibersihkan, maka kulit wajah menjadi kering dan tak enak dipandang.

Selain itu kulit yang kering cenderung kaku, kasar, dan kurang bercahaya. Kondisi ini menyebabkan tekstur kulit tidak merata, sehingga membuat riasan diwajah menjadi tidak tahan lama.

Tidak hanya itu, kulit menjadi lebih cepat bersisik dan kasar. Jika kekeringan ini terus berlanjut, perlindungan kulit akan rusak dan tidak lagi menjalankan fungsi perlindungannya.

Akibatnya, kulit yang sensitif menjadi kasar, dan sekresi dari kelenjar sebasea akan meningkat demi melawan kekeringan ini. Hasilnya pori-pori menjadi tersumbat, dan berujung pada tumbuhnya jerawat dan berseminya jerawat batu yang mengganggu itu.

Jadi bersihkan wajah seperlunya saja, secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Dalam sehari cukup 2-3x saja. Misalnya saat hendak tidur di malam hari, dan saat bangun di pagi hari. So, jangan berlebihan ya…

 

Kedua, *Kesalahan dalam membersihkan wajah*

Umumnya orang berfikir membersihkan wajah itu dengan menggunakan sabun yang banyak agar cepat bersih, atau mencuci muka dengan sabun terlebih dahulu baru kemudian membersihkan nya dengan toner dan kapas.

Ternyata cara yang seperti itu kurang begitu tepat, sebab kotoran tidak sepenuhnya bersih, pada akhirnya ia tersumbat di pori-pori dan berujung pada tumbuhnya jerawat.

Membersihkan wajah sebenarnya tidak perlu mengunakan banyak product. Cukup dengan cara yang simpel kulit wajah kamu bisa bersih kok.

Misalnya, kamu bisa membersihkan wajah dengan minyak zaitun. Kalau saya biasanya memakai minyak zaitun HNI.

Caranya ambil kapas, terus teteskan minyak zaitun ke kapas secukupnya, lalu usapkan ke wajah perlahan. Bersihkan secara menyeluruh. Jika sudah baru kemudian cuci mukanya dengan sabun, atau facial wash.

Saya biasanya mencuci muka dengan sabun batang HNI, atau facial wash HNI non parfum.

Oh ya, jika kamu mau, sebelum mencuci muka dengan sabun atau facial washnya, kamu juga bisa membersihkan wajah mu terlebih dahulu dengan handuk/sapu tangan yang sudah dibasahi dengan air hangat kuku.

 

Ketiga, *Memilih Kosmetik yang tepat.*

Kosmetik yang tepat disini maksudnya sesuai dengan kebutuhan kulit kamunya. Sebagian orang perlu kosmetik seabrek, kelengkapan kosmetiknya satu tas atau penuh rak. Bisa jadi kamu kebutuhannya ga sebanyak itu.

Pelembab mutlak diperlukan oleh tiap orang untuk menjaga kelembaban kulit. Bahkan sebagian orang cukup pakai pelembab tanpa perlu pakai bedak. Nah kenali kebutuhan kulit mu itu apa saja.

Saya termasuk orang yang simple dalam pemakaian product kecantikan, hanya pelembab dan bedak is enough for me. Saat ini saya pakai Day Cream HNI di siang hari, dan malam harinya kadang-kadang pakai Night Cream HNI.

Jika ada tambahan paling, celak. Saya tidak memakai lipstik guys, untuk kelembaban bibir kadang saya olesin zaitun HNI atau madu HNI. Alhamdulillah dengan izin Allah wajah masih enak untuk dilihat walaupun perawatan nya sederhana. Hehehe.

 

Keempat, *Jangan terlalu sering menyentuh wajah*

Terkadang tangan memang gatal ya, suka sekali menyentuh wajah. Terutama jika dirasa wajah lagi mulus, eh gara-gara sentuhan tersebut esok nya wajah menjadi kusam. Kenapa?

Karena kamu sering menyentuh wajah, so bakteri di tanganmu berpindah ke muka, alhasil jadi tumbuh jerawat deh. Nah kalau sudah berjerawat tangan kamu makin sering pula menyentuh wajah, memencet jerawat dengan kuku mu, al hasil wajah kamu jadi berflek dan dihiasi oleh warna hitam bekas jerawat. Jadi jelek kan?

Makin galau kan jika wajah jadi tak karuan begitu. So jaga tangannya ya, guys. Jika mau nyentuh wajahnya, tangan dicuci dulu, atau semprot dengan Hand Sanitizer. Kalau saya pakai Sterylin, hand sanitizer HNI. Selalu ada di tas kemana pun saya pergi. Alhamdulillah cukup memudahkan di era Corona begini, baik mau makan atau mau nyentuh wajah Insya Allah jadi aman.

 

Kelima, *Sering-seringlah membersihkan HP*

Kamu tahu ga sich guys, jika ada barang kamu yang paling banyak bakterinya itu ya HP kamu. Sebab ialah benda yang sering banget kamu pegang dan gunakan.

Jadi jika kamu sering pegang HP, lalu menyentuh wajah. Bisa jadi inilah pemicu jerawat bersemi di wajah mu.

So sesering mungkin bersihkan HPmu dengan tisu yang sudah disemprot dengan antiseptic. Dengan begitu saat kamu menyentuhnya, dan memegang wajah mu insya Allah masih aman. Kalau saya biasanya semprot tisu nya dengan antiseptic HNI. Alhamdulillah 99% anti bakteri.

 

Keenam, *Sering-seringlah Menganti Sarung Bantal.*

Hal ini sangat perlu dilakukan, at least 3 hari sekali jika ga mungkin kurang dari itu.

Apalagi jika kamu sering mengukir peta di bantal saat tidur. Kalau ini mah, ga perlu tunggu tiga hari, dalam satu, dua hari sarung bantal kudu diganti. Jika tidak bakteri di sarung bantal akan menempel di wajah mu, Al hasil jadi jerawatan deh.

 

Ketujuh, *Jaga hormon mu tetap stabil.*

Jika hal-hal di atas sudah kamu jaga dan perhatikan, namun masih jerawatan juga. Besar kemungkinan penyebab jerawat bersemi di wajah mu itu karena pengaruh hormonal, guys.

Nah, jika ini faktornya kamu kudu jaga makanan. Belajar lebih jeli dalam mengkonsumsi sesuatu untuk dimasukan dalam mulut dan perut.

Dan kudu bersahabat dekat juga dengan diri sendiri, kira-kira kalau konsumsi makanan yang bagaimana yang bereffect ke hormon dan wajah kamu. Jadi kamu kudu bikin research kecil-kecilan untuk diri agar lebih tahu menu yang tepat, plus obat anti jerawat yang juga mantap buat kamunya. Dan perbanyak makan sayur dan buah tentunya.

Oh ya satu lagi, berdoa: “Allahumma muthfi’al Kabir wa mukbira saghiri athfi’ih anni.” Ini doa menghilangkan jerawat. So selain melakukan hal-hal diatas, perbanyak membaca doa ini juga ya. 🙂

Itu saja tips dari saya bagaimana agar jerawat tak kembali bersemi, atau pergi dan tak kembali lagi. Semoga bermanfaat.

Baca tips/resep lainya disini

Jika dirasa tulisan ini berguna, boleh ya bantu share, sehingga makin banyak orang yang bisa mengambil manfaatnya, insya Allah.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *