Blog

17 APRIL

17 April. Apa makna 17 April bagi mu, guys? Apa ia hanya sebuah tanggal yang akan berulang setiap lima tahunan? Atau ada nilai lain yang harus diperjuangkan meskipun status mu hanyalah rakyat jelata? Bagaimana seharusnya kita sebagai masyarakat berperan dalam pesta rakyat ini?

 

POLITIK ITU KENISCAYAAN

Banyak yang bilang politik itu kotor guys, benarkah? Saya melihat dunia politik seperti halnya dunia cinta. Why? Karena keduanya mirip. Orang bilang cinta itu buta, are you agree? I don’t think so. Sebab bagi saya, cinta itu suci. Cinta itu berenergi. Cinta itu visi. Cinta itu tulus. Cinta itu percaya. Cinta itu berkah. Cinta itu memberi. Cinta itu bertumbuh. Cinta itu mendekatkan kita kepadaNya, pemilik rasa yang sesungguhnya. Sebab cinta itu membuat kita menemukan diri kita sendiri untuk melejit tinggi.

Lalu dimana butanya? Cinta itu buta hanya bagi mereka yang terlena dan terjebak oleh syahwat belaka. Cinta yang menghadirkan kegalauan, yang orientasinya nafsu sebelum waktunya. Jadi tidak heran jika cinta begitu bisa bikin orang lupa moral dan adab. Lupa waktu dan mabuk kepayang, terbuai pada hal-hal yang justru membuat mereka tidak ingat kepada sang pemberi cinta. Cinta seperti inilah yang membuat mereka menjadi budak, membuat mereka terjatuh, lemah, dan bahayanya justru cinta itu menjadi berhala baru dan merusak keyakinan mereka sebagai seorang hamba.

Apa jatuh cinta itu salah? Tentu tidak, jatuh cinta itu fitrah kita sebagai manusia. Orang gila mungkin yang tidak  akan pernah jatuh cinta. Kita sebagai manusia normal pasti memiliki rasa cinta, cepat atau lambat, ia akan merambat. Namun bagaimana kita belajar mengelola rasa cinta itu dengan cara yang tepat, sehingga berbuah berkah, dan tidak mendapat laknat dari Allah swt serta berujung pada pernikahan yang nyunnah. Jadi cinta itu tidak buta, yang buta mereka yang jatuh cinta dan terpedaya olehnya.

Begitu juga halnya dengan dunia politik guys, ia tidak kotor. Para politisi yang menjadikan politik sebagai alat untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, dialah yang kotor.  Yang seharusnya kita musuhi, yang sikapnya kita benci, yang kinerjanya kita pertanyakan, yang tanggung jawabnya kita tuntut. Lalu kenapa kita seringkali mengkambing hitamkan politik karena ulah para oknum? Kenapa kita bersikap apatis yang justru merugikan negeri? Kenapa kita memukul rata bahwa semua partai politik itu sama?

Politik itu keniscayaan guys. Suka tidak suka. Perduli tidak perduli, harus kita hadapi dan lewati. Dan menghadapinya tentu dibarengi dengan ilmu, sehingga kita bisa mempertanggungjawabkan suara yang kita beri kepada sang pemilik semesta ini. Jadi mencermati dan memilih orang yang tepat sebagai perwakilan dari suara kita adalah keniscayaan, golput bukan solusi orang cerdas. Are you agree?

 

PARTAI POLITIK

Masih adakah partai politik yang layak dipercaya? Harapan itu selalu ada, guys. Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, right? Begitu pula halnya dengan partai politik, namun insya Allah masih ada partai politik yang padanya kita layak memberi dukungan. Partai apakah itu?

Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Di usianya yang kini mencapai 20 tahun PKS terus tumbuh dengan berbagai ujian yang menerpa bertubi-tubi, namun dengan izin Allah masih tetap eksis hingga kini. PKS memang tidak sempurna guys, namun selalu belajar untuk terus menjadi lebih baik.

PKS adalah partai dakwah. Ini bukan sebuah slogan, seorang tokoh juga mengatakan demikian “selama berinteraksi dekat dengan PKS saya menemukan adab berpolitik yang baik, proses yang luar biasa, bahkan tidak berasa di sebuah parpol, lebih terasa seperti di organisasi dakwah, mudah-mudahan PKS kedepan bisa menjaga terus karakter ini.” Begitu kata Gubernur DKI Jakarta, Anies R. Basweden.

Saya memang kader PKS, namun menjadi poltisi bukanlah mimpi saya. Keterlibatan saya dalam partai ini murni untuk dakwah, tidak lebih dari itu. Begitu juga teman-teman saya yang lainnya. Kami bergerak disini karena lillah. Jika orientasi kami adalah jabatan, popularitas, mungkin beberapa diantara kami tidak akan mundur saat dicalonkan menjadi caleg. Namun karena bagi kami itu bukan tujuan utama, kami mempersilahkan teman-teman kami lainnya yang memang memiliki jiwa politiknya lebih ada untuk menjadi caleg dan siap bertarung pada tanggal 17 April nanti. #PKSNomor8

Tidak ada perebutan kursi di PKS, siapapun yang menjadi caleg ditunjuk langsung oleh qiyadah partai, kalau mundur dari penunjukkan harus mencari penganti dirinya dan bisa mewakili aspirasi. Dan tokoh yang dilamar atau melamar sebagai caleg PKS pun tentu harus memiliki visi dan misi yang sama dengan apa yang di usung oleh PKS.

Terkadang tanpa dibilang pun, melihat pakaian kami, gelagat kami, orang-orang sudah tahu kalau kami kader PKS. Sebab memang bukan lagi rahasia, agenda rutin kami adalah pengajian, pembinaan masyarakat, pelatihan dan pendampingan. Namun ada juga yang ketika tahu kami kader partai, mereka menjauh, sebab mereka beranggapan orang-orang yang tergabung dalam sebuah partai politik sudah langsung dicap buruk. Hal ini pun pernah saya alami, dan saya tidak menyalahkan mereka yang bersikap demikian, karena bisa jadi mereka belum kenal PKS. Bukankah belum kenal, makanya belum sayang?

 

Well, kenapa kita harus berperan di pemilu 17 April nanti?

Guys, tahukah kamu RUU Penghapusan Kekerasan Seksual? RUU ini akan segera disahkan. Walaupun petisi penolakan sudah mencapai angka ribuan, namun saat perwakilan kita di parlemen tidak memadai, maka kita tidak mampu berbuat apa-apa. Maukah kita nasib negeri kita ini dikendalikan oleh mereka yang kebijkannya bisa menghancurkan moral anak bangsa?

Jika RUU ini disahkan, maka akan banyak kemudharatan terjadi di negeri ini. Salah satu contohnya orang tua tidak boleh lagi melarang anak lajangnya melakukan hubungan seks bebas, karena masuk dikategorikan kontrol sosial, kalau dilakukan karena suka sama suka tidak boleh dilarang. Bukankah ini akan sangat bertolak belakang dengan norma-norma agama? Terutama Islam? Seorang istri bisa sesuka hatinya memilih untuk melayani suami atau tidak. Jika suaminya memaksa untuk berhubungan, maka dikategorikan pemerkosaan. Bukankah ini gila? Sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai moral, right?

Sungguh ironis jika RUU ini disahkan guys, ada kekhawatiran yang cukup besar dengan penghapusan RUU ini. Karena itu artinya perzinaan akan menjadi halal kalau dilakukan atas dasar suka sama suka. Aborsi juga menjadi legal. Aktivitas LGBT juga terllindungi dengan RUU ini. LGBT menjadi aman dan pintu kejahatan seksual semakin terbuka lebar. Ada banyak kasus didepan mata kita hari ini yang tidak tertanggani karena berbagai dalih, bagaimana jika RUU Penghapusan Kekerasan Seksual ini disahkan? Saya sungguh ngeri membayangkannya guys, entah apa yang akan terjadi di negeri ini nanti. Hanya berharap saja azab Allah tidak turun atasnya.

Kondisi yang demikian masih bisa diantisipasi jika kita semua dengan penuh kesadaran mau berjuang dengan mengambil peran dalam pemilihan 17 April nanti, guys. Pilihlah mereka yang layak berada disana mewakili suara-suara kita. Pilihlah mereka yang akan memperjuangkan nilai-nilai yang benar untuk indonesia yang lebih baik kedepannya.

Guys, kalau boleh saya memberi saran, izinkan PKS menata ulang taman Indonesia, sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi semua, aman untuk semua, dan mengsejahterakan semua rakyat Indonesia. Kalau pun teman-teman sudah punya pilihan sendiri, pastikan pilihan teman-teman adalah orang-orang yang benar-benar bisa membawa aspirasi teman-teman dijalan kebaikan.

Suara kita berharga guys, sebab ia akan kita pertanggungjawabkan kelak, jangan biarkan ia dibeli dengan selembar rupiah, 1 jilbab, 1 kg minyak atau 1 kg gula, apapun nama sogokannya. Sungguh harta yang kita dapatkan dengan cara yang tidak baik, tidak akan berdampak baik bagi tubuh kita dan generasi kita. Jauh dari barakah! Akhir kata, selamat berpesta 17 April nanti, PKS nomor 8, dan presiden nomor 2 ya. 🙂

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *